Abbiati Putuskan Pensiun pada Akhir Musim

Abbiati-Putuskan-Pensiun-Pada-Akhir-Musim

Christian Abbiati Putuskan Akhiri Karir Sepakbola Profesional Akhir Musim ini

Christian Abbiati memutuskan untuk mengakhiri kariri sepakbolanya pada akhir musim ini dan menjadikan laga kontra Roma menjadi laga perpisahan saat bermain di depan publik San Siro pada akhir pekan ini.

Kiper berusia 38 tahun tersebut tercatat sudah membela tim Merah Hitam pada 1998 silam, dan semasa karirnya tercatat tiga gelar Serie A dan satu gelar Liga Champions Eropa pada tahun 2003 silam saat dirinya masuk sebagai pengganti saat laaga final kontra rsang rival abadi, Juventus di Old Trafford.

Semasa karirnya, kiper berkepala plontots tersebut juga sempat dipinjamkan ke Juventus (2005/2006), Torino (2006/2007) dan terakhir Atletico Madrid (2007/2008).

Dirinya mengawali karir profesionalnya saat dirinya membela klub kasta bawah Italia, Monza pada tahun 1994 silam setelah dirinya menjalani akademi dengan klub Corsico musim 1993/1994.

Abbiati memutuskan untuk pensiun setelah dirinya terlempar dari skuat utama Milan dalam dua musim terakhir saat pihak tim memutuskan untuk mendatangkan Diego Lopez dari Real Madrid dan memanggil kiper asli jebolan Primavera, Gianluigi Donnaruma saat dirinya mengalami cedera.

Dan dirinya juga sempat merasakan tampil bersama timnas Italia sebanyak empat kali pada tahun 2005 silam meski semua laga tersebut hanya bertajuk laga persahabatan.

Info pensiunnya Abbiati langsung disiarkan oleh pihak klub melalui akun jejaring sosial pribadi.

“Abbiati harus mengucapkan selamat tinggal setelah berkariri selama 15 tahun bersama klub”, Ujar pihak Milan melalui salah satu jejaring sosial. “Besok (Sabtu) hadirlah ke San Siro untuk memberikan hadiah perpisahan yang spesial saat laga terakhir dirinya.”

Dimusim ini Abbiati sendiri hanya tampil sebanyak enam kali, dan lima diantaranya tampil diajang Coppa Italia, namun dirinya masih berpeluang tampil di babak final Coppa Italia saat menghadapi Juventus pada 21 Mei yang menjadikan laga terakhir dirinya bersama Rossoneri dan mengucapkan selamat tinggal kepada Milanisti dan pelatih baru, Christian Brocchi.

Satu Lagi, Legenda Milan Putuskan Gantung Sarung Tangan

Kiper nomor dua Milan musim ini, Christian Abbiati memutuskan untuk menyudahi karir profesionalnya pada akhir musim dan menjadikan laga kontra Roma menjadi laga pamungkas dirinya diajang Serie A Italia pada akhir pekan ini yang akan digelar di San Siro.

Abbiati sendiri melakukan laga debutnya bersama Milan pada tanggal 17 Januari 1999 saat dirinya masuk menggantikan Sebastiano Rossi di menit 92 yang saat itu dirinya menjadi kiper nomor tiga dibawah Jens Lehmann.

Dirinya mampu menjadi starting line-up tim dimusim berikutnya, dan selama empat tahun dirinya selalu  menjadi pilihan utama sebelum dirinya digeser Nelson Dida pada musim 2002/2003 saat dirinya mengalami cedera saat tampil dibabak kualifikasi Liga Champions Eropa pada Agustus 2002 silam.

Selama berkarir bersama Milan, kiper berusia 38 tahun tersebut sempat dipinjamkan ke beberapa klub Eropa seperti Juventus (2005/2006), Torino (2006/2007) dan terakhir Atletico Madrid (2007/2008), dan semasa pinjamannya tersebut dirinya hampir selalu menjadi pilihan utama.

Untuk karir timnas, Abbiati mengawali karir dengan membela timnas Italia U21 pada tahun 1998-2000 dengan catatan 20 caps, dan hingga akhirnya bermain untuk tim senior meski hanya sebanyak empat kali dalam periode 2000-2007.

Selama berkarir bersama tim Merah Hitam, Abbiati sendiri sukses persembahkan beberapa gelar bergengsi seperti, tiga gelar Serie A, satu Coppa Italia, dua Super Italia serta Liga Champions Eropa dan Super Eropa dimusim 2002/2003. Dirinya juga menjadi bagian pasukan Gli Azzuri saat tim menjadi runner-up diajang Euro tahun 2000.

Terhitung sejak 1998 hingga akhir musim ini tota dirinya sudah tampil sebanyak 280 kali disemua ajang yang diikuti klub.

Leave a Reply